PROL TAPE

PROL TAPE

Bismillahhirrohmannirrohim,
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً
" 'Allahumma shoyyiban nafi'an'."
(Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat)
Seperti hari ini, hujan lebat kembali mengguyur Chennai, India. Hujan petir beberapa hari belakangan ini sering datang, disertai pemadaman listrik. Sedihnya itu kalau pemadaman listrik pas dimalam hari. Gelap, pakai lilin juga gak comfort. Selain hujan deras berpetir, sempat juga plus angin kencang. Sampai-sampai bikin Jendela-jendela kaca di rumah pecah hancur berkeping-keping. Kok bisa?? 🤷‍♀️ mamak juga gak tahu nih gimana kejadiannya. Kan pas kita semua lagi belanja terusannya telat pulang kerumah karena kehujanan, ditambah si motor mogok entah kenapa juga itu. Bisa jadi karena air hujan masuk ke mesin. Au ah,  lengkaplah sudah akhirnya sampai rumah sudah malam. Lah buka pintu kok ada yang aneh berasa nginjek sesuatu yang kasar dan tajam. Dinyalakanlah lampu dan jreng..jreng!! Banyak kaca pecah berkeping-keping  menyebar diseluruh ruang tamu dan ruang makan di lantai satu.  Masih Kaget dan bingung kami bergegas menuju kamar tidur di lantai dua, dan ternyata di sepanjang anak tanggapun banyak juga pecahan kaca halus. Setelah mandi dan bersih-bersih badan. Akhirnya mamak dan KangSu keliling rumah untuk mencari tahu apa yang terjadi. Ternyata yang pecah hancur berkeping-keping adalah kaca  Jendela teras di lantai 3 . Pantas saja pecahannya seperti dilempar dan tersebar diseluruh penjuru rumah. Dari lantai satu, dua dan tiga. Jangan tanya bagaimana capenya bersih-bersih pecahan kaca dari yang gede-gede sampai super halus itu😪. Maat Sedikit curhat🙏😁.
Dan hari ini mamak kembali harus beraksi, cie..bahasanya kok beraksi. Gubrakk!!. Itu mah karena si tape singkong di kulkas masih ada, benernya bukan masih ada, tapi emang diumpetin terus kebawa lupa🙈😅. Ampun dah si mamak nih faktor U keknya. Usia🤣🤣 . Coba tebak usia mamak berapa sih? Jawabnya Masih 17lah 😉, ho oh serius, 17 tapi plus 😆😀.
Yesss pemberdayaan tape singkong. Dibuat Prol Tape saja. Mumpung semua bahannya ada so tinggal ublek-ublek jadi dah😀. Nah yang pingin bikin tape singkong rumahan, Resep tape singkong homemadenya bisa dilihat disini :
Bukan cake bantat loh ini! Emang jenis Prol itu cakenya pendek dan terlihat seperti cake bantat. Padahal gak bantat. Teksturnya terlihat padat tapi lembut, dan lumer di mulut loh. Lah iyaaa bahannya aja tape semua, terigunya sikiiiittt banget😄. Untuk jenis prol yang lain bisa dilihat disini yaa : https://twin-santie.blogspot.com/2020/09/proll-pisang.html
Terusan lagi wuidiihhh wanginya si prol tape ini beneran menggoda. Semriwing semerbak kemana-mana. Belum lagi toppingnya yang komplit, ada keju, raisin dan almond slice. Hmmm TOP bener nih Prol Tape.
Krucil&pipink
One slice is never enough, lah iya wong seloyang didedepin sendirian😍🤗. Nah si krucil yang mamak kira kagak suka dengan si prol ini ternyata bolak-balik cemal-cemil juga dia. Surprised bener nih🤩. Iya dia pan gak suka sama Tape Singkongnya. Tapi pas sudah dibuat Prol begini eh..ternyata suka pake banged. 
Recomended banget nih moms..! Oh iya kalau loyangnya gede resep dibawah kalikan dua saja ya. Mamak pakai loyang ukuran 17x17x6 untuk resep dibawah ini. Satu lagi catatannya, untuk toping terutama bila pakai raisin/ kismis, taburkan setelah cake agak matang, karena kalau langsung ditabur sebelum cake dipanggang, si kismis biasanya tenggelam.  Jadi amannya sih kalau mamak, cakenya di panggang dulu 20 menitan saja, keluarkan dari oven sebentar untuk diberi topping. Lalu panggang lagi sampai matang.

Yuk..langsung ke resepnya saja😎:
PROL TAPE
By Santie Rahayu

Bahan A :
125 gr Butter
60 gr Gula Halus
125 gr Tape Singkong
5 butir Kuning Telur
50 gr Tepung Terigu
1 sdm Susu Kental Manis
1/2 sdt Vanilli Essens

Bahan B :
75 gr Putih Telur (2,5 butir)
30 gr Gula Pasir

Bahan C :
Keju Parut
Almond Slice
Raisin

Persiapkan :
1. Siapkan loyang, saya pakai loyang ukuran 17x17x6, alasi baking papper.
Kalau dobel resep bisa pakai loyang 24x24x4
2. Panaskan oven 160 derajat api atas bawah, minimal 15 menit.

CARA BUAT :
1. Kocok butter dan gula halus hingga putih dan mengembang.
2. Lalu kecilkan kecepatan mikser, masukkan tape singkong, kocok rata.
3. Masukkan kuning telur satu per satu. Beri jarak setiap memasukkan kuning telur, kocok rata.
4. Masukkan terigu kedalam adonan, kocok rata. Speed rendah saja.
5. Masukkan vanilla essens dan Susu kental manis, kocok rata lalu matikan mikser. Sisikan
6. Dalam wadah yang berbeda, kocok putih telur hingga berbusa lalu masukkan gula pasir dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, putih dan kaku. Matikan mikser.
(Cirinya , bila mikser diangkat ujung adonan terlihat lancip.)
7. Masukkan adonan putih ke adonan kuning, secara bertahap. Aduk rata.
8. Tuang adonan ke loyang dan panggang 20 menit , 160 dercel api atas bawah.
9. Keluarkan adonan cake dari oven, taburi bahan topping (bahan C) lalu oven lagi 20-30 menit sampai matang. Test tusuk.
10. Setelah prol /cake matang, Cake akan terlihat Tinggi dan ketika dingin akan Menyusut. Jangan panik, Itu wajar saja.
11. Potong-potong setelah dingin / set. Sajikan menemani tea time anda😍
Lembut prolnya, wangiiii dan lumer di mulut... 🤤👍.

Happy Baking,
Spread happiness
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

No comments:

Post a Comment

Blogger

BloggerHi, my name is Santie checkout my all recipes if there any questions leave comment on that recipe or contact me on below social media links.