Buttercream Lembut, Kokoh Dan Tidak Eneg

Buttercream Lembut, Kokoh Dan Tidak Neg

Bismillahirrohmannirrohim,
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Kali ini saya ingin berbagi resep buttercream yang sering saya buat. Buttercream ini sering saya gunakan untuk mengias cake atau donat, malah seringnya saya pakai untuk olesan roti tawar terus taburi meses, suka-suka aja dah pokoknya.

Kenapa buttercream untuk frostingnya? jawabnya adalah karena saya suka  teksturnya yang kokoh dan ga cepat cair di suhu luar ruangan. Selain itu murmerlah yaaa ( hehhe maklum madam irit :P  ) 

Ohya pernah dengar orang bilang jika buttercream itu rasanya ga enak, eneg/ neg alias ngendal di lidah. Eeeeiittzzz... jangan terburu-buru bilang tidak enak dunk ahhh. Yuk kita cari penyebabnya kenapa rasanya eneg. Dan jawabannya adalah  eng ing eng... itu karena pada saat mengocok shortening / mentega putihnya kurang mengembang makanya hasil buttercreamnya eneg, begitu..
Kalau saya, mentega putihnya  saya mixer sampai mengembang dan ringan baru bahan-bahan lainnya dicampurkan.

Selama ini saya buat buttercream yummi lohh anti neg, dan lembuuuuuttttt.
Resep andalan saya ini adalah resep dari Ibunda Fatmah Bahalwan. So sudah terujilah pastinya heheheh. 

Untuk membuat simple syrupnya, perbandingan gula dan air adalah 1:1, misal dibutukan 200 gram simple syrup berarti 100 gram gula pasir dan 100 ml air. Masak air hingga mendidih lalu masukkan gula pasir, masak dengan api kecil hingga gula larut. Boleh ditambahkan essens dan jangan lupa saring ya, biar kotoran gula tidak ikut nimbrung  hehehe.

Buttercream ini tahan disuhu ruang maksimal 1 minggu, kalau dimasukkan ke kulkas bisa tahan kurang lebih 1 bulan. Kocok/ mixer kembali butercream yang telah disimpan di kulkas supaya teksturnya lembut kembali atau biarkan beberapa saat di suhu ruang, dan buttercream akan lembut sendirinya dan siap digunakan.

Yuk yang mau coba Buttercream enak, lembut, kokoh dan tidak negnya mari kita cussss....

Buttercream Lembut, Kokoh Dan Tidak Eneg
by Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan :
1 kg shortening / Mentega putih (resep asli 800 gr mentega putih 200 gr softcream)
600 gram simple syrup
500 gram Susu Kental Manis
50 gram Susu Bubuk
Vanila essen (optional)

*Boleh ditambahkan pewarna atau essens sesuai selera.

Cara Buat :
 1. Siapkan semua bahan. Kocok mentega putih sampai ringan dan mengembang. Usahakan mencapai tahap ini agar buttercream yang dihasilkan nantinya lembut dan tidak eneg.


2. Setelah mentega putih mengembang, masukkan susu bubuk dan susu kental manis serta symple sirup, kocok/ mixer kembali sampai rata. Tambahkan essens dan pewarna sesuai selera.


 3. Buttercream siap untuk mengias cake, donat atau untuk olesan roti.



Selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment

Blogger

BloggerHi, my name is Santie checkout my all recipes if there any questions leave comment on that recipe or contact me on below social media links.