RAWON DAGING SAPI (Khas Jawa Timur)


Bismillahhirrohmannirrohim,
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Rawon adalah Sup daging sapi dengan warna hitam yang khas dengan cita rasa Kluwak/kluwek yang unik benar-benar berbeda dengan sup daging yang lainnya. Makanan khas Jawa Timur ini disukai semua orang se-Nusantara. Iyaa bener inih🤩.

Dulu sewaktu saya kecil, masih jelas dalam ingatan saya, Rawon ini adalah makanan favorit bapakku tercinta. Selain Ibu juga memasaknya di dapur kami, bapak juga gemar mengajak kami untuk menikmati rawon di Rumah Makan langganan beliau. Biasanya hari minggu pagi, setelah jogging di sekitaran Taman Sritanjung, kami sekeluarga mampir ke Warung Rawon dekat Masjid Agung Baiturrahman atau warung Rawon sebelah Toko Florida. Saya lupa nama Warung / Rumah Makannya. Karena dulu kurang begitu memperhatikan. Maklum namanya juga bocah🤣 Rawon.., hidangan Jawa Timur ini benar-benar punya kenangan manis antara Aku👩 dan Bapak👨. Miss you pak😪.
VIDEO
Mitosnya, Rawon yang dimasak hari ini akan lebih nikmat bila disantap ke esokan harinya. Dan memang benar, sayapun setuju dengan pendapat tersebut. Bumbu Rawon akan lebih merasuk kedalam daging dan kuahnyapun terasa lebih gurih dan segar.

Seperti biasanya, bila saya kangen rawon, saya akan masak sore hari, dan menginapkan rawon sampai keesokan harinya. Dan sempurna sodara-sodara🤩, Rawon yang gurih, lezat khas Jawa Timuran siap disantap bersama pelengkapnya. Pelengkapnya apa saja? Bebas ya.. sesuai selera saja. Biasanya sih pelengkap Rawon itu adalah : Telur Asin, Empal Daging, Paru Goreng, Rempah Daging Goreng, Perkedel Kentang, Tempe Goreng, Sate Komoh, Kerupuk Udang, Taoge Pendek, Sambal Terasi dan masih banyak lagi.

Untuk resep Telur Asin homemade dan pelengkap Rawon bisa dilihat disini
https://twin-santie.blogspot.com/2020/09/telur-asin-homemade.html
https://twin-santie.blogspot.com/2020/09/bismillahhirrohmannirrohim.html?m=1

Oh iya, Selain Daging sapi , ternyata Labu Siam (Manisah / Chow-chow) bisa juga dibuat Rawon versi Vegetarian loh😁. Ada ceritanya juga nih untuk rawon labu siam. Biasanya kalo sudah tanggal-tanggal penghabisan di akhir bulan, bila kangen rawon, Eyang putriku suka sekali memasak Manisah / Labu siam dalam kuah rawon. Dan rasanyapun tak kalah lezat🤭😄.  Kalau versi aku sih gak hanya di tanggal -tanggal akhir bulan ya. Misal bikin Rawon emang sengaja kuahnya agak dibanyakin, tentu saja bumbunya juga sedikit ekstra😁. Tahu kenapa? Itu karena kalau pas isi daging rawonnya sudah habis, dan kuah rawonnya masih banyak maka si daging putih alias Manisah / Labu siam/ Chow-chownya yang dicemplungin kedalam kuah Rawon 🤣🤭. Mode Mak Irit bener dah akutuh🙈😃. Memang ruaarr byasahhh ide kreatif di akhir bulan itu sangat menginspirasi😃😁. Thank you Eyang Putri👵😚
Yang penasaran Rawon daging Putih /Vegetarian ini penampakannya😃.
Rawon Manisah/Labu Siam/Chow-chow
Yuk yang kangen Rawon kita toss dulu😁

RAWON DAGING SAPI
(Khas Jawa Timur)
By Santie Rahayu

Bahan :
250 gr Daging sapi
250 gr tetelan sapi
1,5 Liter Air untuk merebus daging
Garam secukupnya
Kaldu bubuk (bila pakai)
Daun Bawang, secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu Cemplung :
1 ruas lengkuas, memarkan
2 lembar Daun Salam
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk
1/2 sdm gula merah
Bumbu halus :
2 buah cabe besar, buang biji
8 butir bawang  merah
4 siung bawang putih
2 buah kemiri
1/2 sdt kunyit bubuk / 1 kubu jari kunyit segar
2 kubu jari jahe
5 buah kluwak, ambil isinya dan rendam air panas
Seiris pala
Pelengkap :
Taoge Pendek, siangi, seduh air panas, tiriskan
Bawang Merah Goreng
Sambal Terasi
Telur Asin Rebus
Perkedel Kentang
Kerupuk Udang
Irisan Jeruk nipis (bila suka)

Cara membuat :
1. Cuci bersih daging sapi, tiriskan. Lalu rebus hingga empuk. (Aku pakai presto saja biar cepat)
2. Panaskan minyak dalam panci, tumis bumbu halus sampai harum , lalu tambahkan lengkuas, daun salam, daun jeruk dan serai. Tumis sampai bumbu matang sempurna .
3. Masukkan daging kedalam tumisan bumbu, aduk rata biarkan daging tersalut bumbu sempurna. Lalu tambahkan air rebusan daging. (Bila perlu boleh ditambahkan sedikit air).
4. Tambahkan garam dan gula merah, masak rawon hingga mendidih. (Tambahkan juga kaldu bubuk bila pakai)
5. Cicipi dan sesuaikan rasanya. Bila sudah sesuai, masukkan daun bawang iris sesaat sebelum api kompor dimatikan.
6. Sajikan Rawon dengan taburan bawang merah goreng bersama nasi putih, perkedel kentang, telur asin, sambal terasi dan kerupuk udang.
Nikmat sungguh🤩. Alhamdulillah

Happy Cooking
Wassalamualaikum Warohmatullahi

No comments:

Post a Comment

Blogger

BloggerHi, my name is Santie checkout my all recipes if there any questions leave comment on that recipe or contact me on below social media links.