Donat Ala Jco Endut Menul-menul

Donat Ala Jco Endut Menul-menul




Bismillahirrohmannirrohim.
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Lama juga ga pernah update blog, orangnya ngilang dan baru sekarang muncul lagi. Heheheh.. Ya namanya manusia yah, kadang ada aja ceritanya, lika likunya. Ya begitu dah :D
Sebenarnya udah banyak draf resep dibuat, foto udah dibikin tapi penyakit " M " (baca : males ) terlalu lama hinggap di jendela hati, hahahhaii kaya lagunya Si Burung Kakak Tua aja pake hinggap dijendela segala. Tar lah satu-satu duyuu yaa di update, inshaalllah.
Singkat cerita hari ini seperti biasanya setiap sebulan sekali ada pertemuan rutin ibu-ibu Indonesia yang tinggal di Chennai. Jadi kita kan pada bawa potluck gitu buat dimakan rame-rame. Seneng pokoknya oeyy kalo pada ngumpul berasa kaya di kampuang halaman ;)  Dan kali ini saya coba buat donat ala Jco, udah berkali kali nyoba resep hasil google kesana kemari dan jatuh cinta sama resepnya mbak Ellyz Melody di cookpad. Terima kasih mbak.., beneran empuuuukkk kaya yg merek ternama itu.  Cuma karena terburu-buru jadi ga pake toping coklat hias cuma pakai bedak aja. Bedak icing sugar. Dan di fotopun sekali lagi karena terburu-buru haiiyahhh suka buru-buru jadi ga dibedakin pula. Alesan nya banyak. Hahahha.
Oh iya saya sukaaa banget karena itu cincin yang melingkar di donatnya cuantikk, saya suka saya suka... (Kumat dah lebay nya)
Oke deh kepanjangan nih cerita yuk yang mau nyobain nih donat mari kita cuzz ke resep dan step by step ala saya...

Donat Ala Jco Endut Menul-menul

Bahan :
250 ml Air biasa
11 gram Instant yeast
3 butir Kuning Telur
500 gram Tepung  Protein Tinggi
70 gram Gula pasir
30 gram Susu bubuk
1/2 sdt Garam
100 gram Butter

Cara buat :
1. Larutkan instant yeast dalam air, biarkan 5-10 menit atau sampai berbusa tanda ragi aktif.




2. Campur semua bahan : terigu, gula, susu bubuk, kuning telur, kecuali butter dan garam. Tuang larutan instant yeast, aduk rata.


3. Campur mentega dan garam lalu aduk rata.

4. Uleni adonan sampai kalis dan halus permukaanya, saya kurleb tadi ngulen manual pake ototter 15-20 menitan. Lumayan workout anggap lagi nge gym (gubrakkk)  :D  Anyway sebanding sama hasilnya donat yang lembuutt empuk dan menul-menul 

5. Tutup adona dengan serbet basah dan istirahatkan selama 1 jam, tadi saya kebablasan istirahatnya jadinya 1,5 jam. Setelah adonan mengembang 2 x dari ukuran semula workout kedua dilanjutkan yaitu tinju-tinju cantik adonan alias dikempiskan untuk membuang gas dalam adonan.


6. Gilas dan cetak donat, kalo ga punya cetakan donat, adonan dibulat-bulatkan. Diamkan sebentar kurleb 11 menit. Ditinggal sambil memanaskan minyak goreng.


7. Goreng donat dengan api kecil dengan catatan minyaknya sampai panas betul. Waktu menggoreng usahakan hanya satu kali balik biar donat tidak menyerap banyak minyak. Volume minyaknya setengah tinggi donat biar ring cantiknya bisa muncul. Jangan lupa siram-siram donatnya biar gendut :D  (Abaikan wajan tak berupanya ) Tuh kan.. cincin donatnya muncul syantieeekk , berhasil berhasil horeee  (lompat-lompat sambil goreng karena girang)


8. Tiriskan dan donat siap diberi toping sesuai selera. Maafkan yak di fotonya si donat Menul ga pake bedak. Tadi beneran udah keburu jadinya toping pakai taburan gula halus aja terus langsung cuzz arisan dan ga kepoto dah... Lain waktu kalo bikin lagi inshaallah di update pake toping cantik.


2 comments:

  1. Boleh d coba ni 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..monggo dicoba. Terima kasih sudah mampir ke blogku🤗

      Delete

Blogger

BloggerHi, my name is Santie checkout my all recipes if there any questions leave comment on that recipe or contact me on below social media links.